the-aquarama.com

6 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Sedang Diguyur Hujan -

- Saat mengendarai sepeda motor pada saat cuaca sedang hujan deras memang harus hati-hati dan waspada, sebab jalan yang licin dan kondisi jalan yang basah hingga adanya genangan air akan berpengaruh terhadap daya cengkeram dan kestabilan kendaraan.

Saat musim hujan beberapa situasi yang tidak terduga seperti tiba-tiba turun hujan saat kita berkendara. Untuk itu, ada sejumlah tips aman berkendara motor saat hujan.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar tetap aman berkendara saat sedang hujan:

Baca Juga: 4 Makanan yang Bisa Hilangkan Kantuk saat Menyetir, Wajib Bawa saat Berpergian Jauh!

  1. Gunakan jas hujan

Jas hujan tentunya menjadi hal yang wajib dipakai saat mengendarai motor di tengah hujan yang deras. Namun Anda harus pintar memilih jas hujan yang tepat dan aman. Disebutkan, jas hujan yang baik dan aman digunakan adalah jas hujan yang setelan yang merupakan setelan atas berupa jaket dan setelah bawah berupa celana. Disarankan Anda tidak menggunakan jas hujan ponco karena, sangat tidak disarankan dipakai saat berkendara karena berbahaya.

  1. Mengurangi kecepatan saat berkendara

Berkendara dengan kecepatan yang tinggi bisa mengakibatkan hal yang sangat fatal karena kondisi jalanan yang licin bisa menyebabkan daya cengkeram ban menjadi berkurang. Selain itu, mengurangi kecepatan, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan. Saat mengerem, gunakan rem belakang lalu dilanjutkan dengan rem depan secara perlahan untuk menghindari selip ban

  1. Menjaga jarak antar pengemudi lain

Jika terjadi hujan deras atau cuaca buruk saat mengemudi, maka pastikan untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di sekitar Anda. Permukaan jalan yang licin saat hujan lebat juga membuat kerja komponen pengereman berkurang dan berakibat jarak pengereman yang semakin panjang.

  1. Mengatur Penggunaan Rem

Lakukanlah pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah dan licin menjadi berkurang. Untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

  1. Waspada dengan genangan air

Saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi, lalu tiba-tiba ada lubang di jalan, Anda akan lebih sulit untuk menghindar, apalagi di kondisi jalanan licin. Oleh karena itu Anda harus mewaspadai genangan air di jalan, di mana sebisa mungkin menghindari genangan yang dicurigai ada lubang besar di bawahnya.

  1. Berteduh

Jika Anda merasakan hujan yang sangat deras dan disertai angin yang lebat sebaiknya menepi sejenak dan menunggu sedikit reda. Hujan yang turun lebat akan sangat berbahaya bagi pengendara montor dan bisa mengakibatkan hal yang fatal. Selain itu jarak pandang menjadi terbatas, sehingga membuat pengendara harus lebih berhati-hati. Anda bisa menunggu sampai hujan sedikit reda, baru Anda bisa lanjutkan perjalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat