the-aquarama.com

Layani Pengunjung di Posko Mudik, BPJS Kesehatan Libatkan Ahli Pijat Tuna Netra -

Makassar, - BPJS Kesehatan kembali menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik. Salah satu posko mudik hadir di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Posko tersebut bertujuan untuk mendukung kelancaran aktivitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang melaksanakan mudik lebaran tahun ini.

Uniknya, BPJS Kesehatan melibatkan penyandang disabilitas tuna netra khususnya para ahli pijat untuk memberikan layanan relaksasi kepada pemudik yang berkunjung. Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal mengatakan, posko itu juga menjadi bagian dari upaya menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap Program JKN kepada pemudik. Karena itu, pihaknya menghadirkan pula Pojok Mobile JKN.

" Kami menggandeng ahli pijat tuna netra untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat,” kata Andi Afdal saat peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, belum lama ini.

Selain sebagai sarana relaksasi dan edukasi Program JKN, di Posko Mudik BPJS Kesehatan, para pemudik bisa mendapatkan layanan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri 1444 H, Bandara Kualanamu Buka Posko Mudik Lebaran

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan tindakan medis. "Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya," sebut Afdal.

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans.

Adapun posko mudik yang didirikan BPJS Kesehatan selain di Makassar yakni berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429 dan Terminal Purabaya Sidoarjo. Sedangkan Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang. Posko Mudik akan tersedia pada 18 hingga 21 April 2023, dan Posko Balik pada 25-27 April 2023.

Baca berita update lainnya dari  di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat