the-aquarama.com

15 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus, Singkat namun Membangkitkan Semangat! -

Berikut adalah 10 contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus yang singkat namun dapat membangkitkan semangat.

Pidato menjadi salah satu media komunikasi yang digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan gagasannya pada acara tertentu, seperti saat kemerdekaan 17 Agustus.

Ada banyak sekali contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus yang dapat kamu sampaikan saat merayakan Hari Kemerdekaan di bulan ini.

Pidato Kemerdekaan 17 Agustus ini dapat membangkitkan semangat seluruh orang yang menyimak gagasan dari pidato tersebut.

sudah merangkum 15 contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus dari berbagai sumber yang dapat kamu jadikan sebagai referensi berikut ini.

1. Pidato Kemerdekaan 17 Agustus I

Baca Juga: 6 Makanan Nusantara Identik HUT RI 17 Agustus yang Nikmat Disantap

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 78 tahun kita merdeka dari penjajahan asing.

Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Pada hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil mengantarkan kemerdekaan negara Republik Indonesia, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat yang mulia ini.

Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan sebagai ajang untuk meresolusi, atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, senantiasa agar negara ini damai.

Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian.

Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pidato Kemerdekaan 17 Agustus II

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat para hadirin sekalian,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. 

Sebelum kita mulai, izinkan saya menyampaikan salam hormat dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berbicara di depan hadirin sekalian.

Hari ini, tanggal 17 Agustus 2023, menjadi momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepat 78 tahun yang lalu, negeri tercinta ini meraih kemerdekaan setelah bertahun-tahun berjuang melawan penjajah. 

Kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan, pertumpahan darah, dan air mata para pahlawan bangsa, layak kita ingat dan rayakan bersama. 

Hari ini, kita berkumpul untuk mengenang semangat juang para bunga bangsa. Mereka gugur mengorbankan nyawa dan keluarga demi kemerdekaan Indonesia.

Namun, perjuangan tidak berhenti pada hari proklamasi kemerdekaan RI. Indonesia telah mengalami berbagai dinamika perjalanan sejarah panjang. Dalam perjalanan panjang ini,  banyak cobaan dan tantangan telah dihadapi. Alhasil, Indonesia masih bisa berdiri kokoh sampai detik ini.

Semangat juang dan semangat persatuan selalu menggelorakan jiwa-jiwa bangsa, mendorong kita untuk terus maju dan berjuang bersama, saling bahu-membahu, demi masa depan yang indah.

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia harus dijadikan momen istimewa bagi setiap warga negara. 

Mari bersama-sama, kita melihat ke belakang, bagaimana negeri ini berjuang dan mampu bertahan di tengah berbagai masalah yang menghadang.

Generasi muda bangsa, jadikan hari ini sebagai pemacu semangat. Ada tanggung jawab besar yang harus kita pikul bersama. Mari saling memupuk semangat, berkarya bersama, belajar bersama, mari berjuang membangun bangsa, agar sejahtera seluruh rakyatnya.

Jaga kebhinekaan, hormati perbedaan. Berjalan meniti masa depan sambil bergandeng tangan, selalu bersatu dalam semangat perjuangan. Jangan hanya gencar menyuarakan rencana, tapi gencar melakukan aksi nyata.

Kita bisa mulai dari diri sendiri dan orang terdekat dengan kita. Menjadi dorongan semangat untuk satu sama lain, saling berbagi, saling memahami, saling mendengarkan, dan saling jadi kekuatan. Buktikan bahwa generasi masa kini tidak hanya pandai mengkritisi, tapi juga andil dalam mencari solusi.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-78!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Pidato Kemerdekaan 17 Agustus III

Assalamualaikum wr, wb. 

Hadirin yang saya hormati,

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. karena berkat karunia dan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa kembali berkumpul memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Hadirin yang saya hormati, Hari ini, tepat 78 tahun yang lalu, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka. Merdeka dari segala penjajahan fisik dan mental kolonialisme yang telah beratus tahun bangsa ini alami.

Perjuangan meraih kemerdekaan sangat berat dan harus bertaruh jiwa dan raga. Para pahlawan, baik yang berjuang secara lokal kedaerahan maupun di era nasional telah rela berkorban nyawa demi tegaknya bumi pertiwi ini. Mulai senjata sederhana, seperti bambu runcing sampai senjata modern, mereka dengan gagah perkasa melawan kejamnya penjajah.

Hadirin yang saya hormati,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat