the-aquarama.com

Sepanjang 2023 Kinerja BRILife Tumbuh Positif -

Jakarta, - Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi serta komitmenterhadap keberlanjutan bisnis perusahaan, PT Asuransi BRI Life berhasil mencatatkan hasil pertumbuhan positif pada kinerja keuangan di tahun 2023. Diantaranya; perolehan LabaTahun Berjalan Unaudited Rp535,2 miliar pada Desember2023, yang meningkat 55,5% secara year on year (yoy) dibandingkan tahun 2022 yang tercatat Rp344,3 miliar.

Asuransi BRI Life adalah anak perusahaan Bank BRI (BBRI) yang merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar dan terpercaya di Indonesia, sangat concern terhadap prinsipkehati-hatian pengelolaan usaha perusahaan, khususnya dariaspek underwriting dan tata kelola investasi.

Direktur Keuangan Lim Chet Ming mengatakan BRI Life senantiasa mengedepankan kepentingan pemegang polis dalam menjalankan bisnisnya, termasuk dalam halpenempatan investasi. Tercatat, Total aset sampai denganDesember 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 9,8%, yaknisebesar Rp21,5 triliun pada tahun 2022, meningkat menjadiRp23,6 triliun di tahun 2023. Peningkatan ini equivalent dengan total investasi yang bertumbuh. 

Total aset yang mencatat peningkatan sebesar 9,8% dihasilkan dari penempatan aset investasi yang tepat, sehingga peningkatan yang terjadi pada total investasi akanberpengaruh pada peningkatan total aset tegas Lim.

Sampai dengan Desember 2023 BRI Life mencatat AsetInvestasi sebesar Rp19,0 triliun atau meningkat 11,8% dibandingkan tahun 2022 yakni sebesar Rp17,0 triliun. Penempatan aset investasi ini, menghasilkan pertumbuhanperolehan Hasil Investasi yang diterima yakni sebesar Rp1,2triliun pada 2023, tumbuh 26,3% dibandingkan tahunsebelumnya Rp956,7 miliar Jelasnya. 

Adapun sampai dengan 2023Gross Written Premium (GWP)tercatat Rp7,8 triliun, sementara di tahun 2022 sebesar Rp8,8 triliun. Kondisi ini, seiring dengan langkah BRI Life yang mengurangi ketergantungan pada produk unit-linked secarabertahap, mengingat potensi dampak mis-selling dan juga kondisi pasar modal yang masih berfluktuasi 

Total Tertanggung, Total Polis dan Risk Based Capital (RBC)

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), sepanjang 2023 memperlihatkan kesadaran masyarakat untukberasuransi yang cukup baik, hal ini tergambar dari jumlahtertanggung yang cukup besar mencapai 84,8 juta orang.

AAJI juga mencatat, BRI Life memiliki total jumlahtertanggung dan jumlah polis terbanyak di industri asuransijiwa, dengan jumlah total tertanggung sebanyak 20,4 jutanasabah dan 9,9 juta polis. Dari rekapitulasi ini, BRI Life merupakan perusahaan asuransi jiwa peringkat pertama ataspencapaian jumlah tertanggung dan jumlah polis di tahun2023.

Rasio permodalan PT Asuransi BRI Life masih kuat, dimanahingga Desember 2023, BRI Life mencatat Risk Based Capital (RBC) sebesar 524,0%. RBC ini jauh di atasketentuan minimum yang sebesar 120%.

"BRI Life terus menjaga penerapan kebijakan investasi yang telah disusundengan mempertimbangkan karakteristik kewajiban, kualitasaset, dan likuiditas yang dibutuhkan, sehingga BRI Life dapatmembayarkan setiap kewajiban yang jatuh tempo denganbaik," tutup Lim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat