the-aquarama.com

Kesiapan Pertamina Regional Sumbagsel Menghadapi Kenaikan Permintaan Energi di Ramadhan dan Idul Fitri 2024 -

Palembang, - Seperti moment Lebaran - Lebaran sebelumnya, dimana ada arus mudik yang berindikasi pada peningkatan konsumsi energi baik BBM maupun LPG karena ada peningkatan di sektor transportasi darat.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Zibali Hisbul Masih saat Buka Puasa Bersama awak media (21/03/2024) mengungkapkan bahwa diprediksi akan ada peningkatan BBM gasoline sebesar 10,42 %, sektor udara avtur akan naik 6,2 % dan sektor rumah tangga LPG diprediksi naik sebesar 5,33 %.

Sementara gasoil ada perbedaan dimana pada masa lebaran akan terjadi penurunan karena truk-truk pengangkut industri diwaktu mudik jelang lebaran tidak beroperasi, yang beroperasi transportasi umum.

kemungkinan turun 15 % khususnya tambang industri.
" Pertamina memastikan kelancaran BBM dengan membentuk satuan tugas, dimulai dari tanggal 25 Maret sampai 26 April atau satu bulan. kami menyiagakan 10 terminal BBM, 2 Terminal LPG, 688 SPBU, 56 SPBE, 400 Agen LPG dan 6 DPPU," ujar Zibali.

Baca Juga: Pertamina Tambah Stok Gas Subsidi Selama Ramadan, Sulsel Kebagian 231.200 Tabung

Pertamina juga menyiagakan layanan tambahan yaitu Kantong-kantong BBM atau SPBU standby mengantisipasi kemacetan dilokasi yang susah ditembus tangki BBM.

Pertamina juga menyiagakan penambahan armada mobil tangki gasoline agar kenaikan demand bisa dipenuhi.

Pertamina juga memberikan perhatian khusus jalur-jalur lintas utama yaitu tol, pesisir barat dan timur, jalur-jalur wisata di Palembang, Lampung dan Bangka-Belitung.

Pertamina juga memberikan atensi khusus di daerah terpencil seperti pulau Enggano karena terkendala saat ombak tinggi dengan mengirim secara kontinyu dengan kapal ferry.

" kita akan memberikan layanan lebih, juga program-program promosi. Dalam pelaksanaanya satgas juga berkordinasi dengan pihak eksternal dan internal, pemda, TNI, Polri, Telkom dan satgas dari pusat. stok akan dijaga pada level yang aman," pungkasnya.

Untuk memastikan layanan energi tetap terpenuhi selama masa ramadhan dan idul fitri, Direktur Rekayasa dan Insfrastruktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi bersama jajaran di dampingi Executive General Manager Region Sumbagsel Zibali Hisbul Masih melaksanakan kegiatan Management Walkthrough (MWT) ke sarana dan fasilitas Pertamina Patra Niaga di Integrated Terminal (IT) Palembang.

"Setelah melihat langsung kinerja operasi serta memastikan kesiapan dan keamanan sarfas di IT Palembang, untuk seluruh sarana dan fasilitas kami dalam pelayanan BBM, LPG telah optimal. Begitu juga dengan ketahanan stok yang cukup," jelas Direktur Rekayasa dan Insfrastruktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Eduward Adolof Kawi.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah melakukan proyeksi konsumsi energi serta mempersiapkan layanan yang terbaik bagi para pelanggan demi memastikan ketersediaan energi dapat tercukupi, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebagai informasi, saat ini untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis Gasoil (Solar) sekitar 1.763 Kilo Liter (KL) per hari, dan untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis Gasoline (Bensin) sekitar 2.531 KL per hari.

Sedangkan LPG 3 Kg, untuk rata-rata konsumsi harian di wilayah Sumsel sekitar 833 Metrik Ton (MT) per hari.

Baca Juga: Rayakan Pesta Demokrasi, Pertamina Hulu Energi Salurkan Hak Pilih Pemilu di Lepas Pantai

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat