the-aquarama.com

Solo Menari 2024, Kukuhkan Surakarta Sebagai Kota Kreatif dengan Ikon Seni Budayanya -

Surakarta,Menorehnews.Com - Para penari dengan lincah nan gemulai masuk ke panggung. Kaki dan tangan bergerak mengikuti irama, menandaidimulainya suguhan utama tarian massal "Animal Movement". Melalui tarian massal ini solo menari ingin menebarkansemangat dan kekaguman terhadap kesenian tari yang menjadiakar budaya Kota Solo.

Acara puncak penutupan “Solo Menari 2024” sukses dihelat di Balai Kota Solo pada Senin malam, 29 April 2024. Acarapenutupan menampilkan penyanyi Endah Laras dan musisi yang berkolaborasi dengan beberapa penari dari berbagai kota di Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, AryoWidyandoko, mengatakan para pelaku seni dan pekerja seni di Solo perlu menjaga semangat dan kualitas kegiatan di tahun-tahun mendatang. Dengan harapan dapat semakinmenggelorakan semangat tari di Surakarta, bahkan di seluruh Indonesia.
 
“Lewat ajang Solo Menari yang telah masuk dalam kalenderKarisma Even Nusantara, diharapkan menjadi gelora semangattari yang ada di seluruh Indonesia,” paparnya.

Sebagai sebuah pagelaran yang berusaha melestarikan seni budaya bangsa, Heru Mataya, Sang Kreator Solo Menari 2024 berharap ajang Solo Menari ini menjadi program yang berkelanjutan. Dengan berbagai langkah strategi yakni denganmengembangkan sistem Membership of Solo Menari dari beragam stakeholders dan masyarakat umum.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menguatkan masyarakatpendukung Solo Menari. Dia menambahkan, kekayaan seni tari bangsa Indonesia harus dilestarikan dan dikembangkan agar generasi muda tetap merasa bangga dengan seni tari yang tumbuh di lingkungan masyarakat. 

“Jangan sampai seni tari tergerus arus globalisasi,” tuturnya.

Wakil presiden terpilih 2023, Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno turut hadir untuk menyaksikan pentas tari Solo Menari 2024 yang bertepatan dengan peringatan Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April 2024.
 
Di kesempatan tersebut Sandiaga Uno menyampaikan, terselenggaranya Solo Menari akan memberi dampak terhadapgeliat ekonomi serta seni budaya yang ada di Kota Solo. “Kitaharapkan ke depan Kota Solo bisa menjadi inspirasi seni budaya yang menjadi tulang punggung perekonomian warga, dan semangat wisatawannya semakin meningkat ke depan,” pungkasnya

Penyelenggaraan Solo Menari 2024 menurutnya akan meneguhkan kota solo sebagai kota kreatif UNESCO yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sandiaga pun berharapKota Solo bisa lebih banyak menyelenggarakan event-event budaya lainnya.

Ajang solo menari 2024 ini digelar di tiga titik lokasi yang ada di Solo, di antaranya, Taman Sriwedari, Solo Safari dan Balai Kota. Acara tersebut menyuguhkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler. Acarapembukaan Solo Menari di Taman Sriwedari menampilkantarian kolosal dari 200 penari yang memerankan karakterbinatang.

Gelaran Solo Menari merupakan satu dari empat event Kota Solo yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, yaitu Grebeg Sudiro, Solo Menari, Solo Keroncong Festival, dan International Mask Festival. KEN 2024 tahun ini mengusungtema Budaya Indonesia, di mana sebanyak 110 event terangkumdalam KEN 2024 tersebar di seluruh Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat