the-aquarama.com

Perusahaan Pembiayaan Catat Kinerja Menggembirakan di Tengah Ketidakpastian Geopolitik -

Makassar, - Sepanjang kuartal pertama tahun 2024, industri otomotif dihadapkan pada berbagai tantangan.

Ditandai dengan penjualan ritel mobil baru menurun sebesar 15% year on year menjadi 231 ribu unit.

Sementara penjualan sepeda motor baru relatif stabil mencapai 1,5 juta unit. Di tengah tantangan tersebut, perusahaan pembiayaan tetap mampu mencatat kinerja cukup memuaskan.

Salah satunya ditunjukkan Adira Finance yang mampu membukukan kenaikan pangsa pasar sepeda motor baru 8,8% dan mobil baru 5,9%. Pada kuartal pertama 2023 lalu, pangsa pasar pembiayaan berada di angka 8,0% untuk motor baru dan 5,0% mobil baru.

Dewa Made Susila selaku Presiden Direktur, mengatakan, pihaknya mencatat pembiayaan baru meningkat sebesar 3 persen menjadi Rp10,9 triliun.

Selain itu, piutang pembiayaan yang dikelola Perusahaan juga tumbuh sebesar 20%
menjadi Rp58,1 triliun.

"Itu dipengaruhi konsumsi masyarakat dan aktivitas sektor manufaktur yang mulai membaik, sehingga pertumbuhan ekonomi domestik tetap solid," ujar Dewa dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024).

Menurut Dewa, pihaknya terus berinovasi dengan melakukan ekspansi ke segmen non-otomotif yang mencakup pembiayaan multiguna, durable, dan alat berat.

Alhasil hingga Maret 2024, Perusahaan berhasil meningkatkan penyaluran pembiayaan non-otomotif sebesar 18% menjadi Rp2,3 triliun.

Tak hanya itu, perusahaan juga mencatatkan pembiayaan baru di segmen syariah mengalami kenaikan sebesar 10% y/y menjadi sebesar Rp2,4 triliun atau mewakili 22% dari total pembiayaan baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat