the-aquarama.com

6 Contoh Pasar Persaingan Sempurna yang Ada di Indonesia, Kenali! -

Meski tidak kamu sadari sebelumnya, sebenarnya ada sejumlah contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia.

Pasar persaingan sempurna adalah salah satu struktur pasar di mana tidak ada pihak yang secara individual memengaruhi harga yang berlaku di pasar, sehingga penjual bisa bersaing secara bebas.

Pada pasar persaingan sempurna, harga ditentukan berdasarkan kekuatan penawaran dan permintan, demikin dikutip dari buku Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi yang diterbitkan PT Grafindo Media Pratama.

Baca Juga: Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Ciri, Jenis dan Contoh 

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini beberapa contoh pasar dengan persaingan sempurna yang ada di Indonesia dirangkum dari Kompas.com dan Gramedia.

1. Sektor Pertanian

Dalam sektor ini, pasar persaingan sempurna tercermin dalam perdagangan hasil pertanian seperti gandum, beras, dan sayuran.

Petani berlimpah yang menawarkan produk serupa dengan informasi harga dan kualitas yang mudah diperoleh, serta akses yang terbuka untuk masuk dan keluar dari pasar.

2. Bursa Saham

Pasar saham mencerminkan karakteristik pasar persaingan sempurna dengan banyaknya pembeli dan penjual yang bersaing, serta harga saham yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran.

Informasi tentang harga saham dan kinerja perusahaan tersedia untuk umum, dan investor dapat dengan mudah masuk dan keluar dari pasar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat