the-aquarama.com

Menparekraf Paparkan Hasil Kunjungan Kerja ke Uni Emirat Arab dan Korea Selatan -

Jakarta, - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan hasil dari kunjungan kerja yang dilakukan ke Uni Emirat Arab dan Korea Selatan pada 8 hingga 11 Mei 2024.

Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Senin (13/5/2024), mengatakan dalam kunjungan kerja ke dua negara tersebut dilakukan berbagai kegiatan mulai dari _travel mart_ hingga _investment meeting_ yang menghasilkan catatan positif.

"Alhamdulillah berhasil kita lakukan dan menarik banyak sekali minat dari wisatawan dan stakeholder di Uni Emirat Arab," kata Menparekraf Sandiaga.

Pertama adalah partisipasi Indonesia dalam Arabian Travel Market dengan menghadirkan paviliun Wonderful Indonesia dan berhasil menarik 40.427 potential pax, melampaui target awal 40 ribu potential pax.

"Total _potential_ devisa diperkirakan sebanyak Rp1,33 triliun," kata Menparekraf Sandiaga.

Selanjutnya adalah partisipasi dalam kegiatan Annual Investment Meeting (AIM 2024) yang merupakan _world leading investment platform_. Menparekraf Sandiaga mengatakan, dalam kesempatan itu pihaknya berbagi informasi tentang peluang investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Rata-rata para investor besar yang nanti juga sudah kita undang ke International Tourism Investment Forum (Jakarta), ingin bermitra dengan _existing platform_ yang sudah kita bangun yaitu di INA sovereign wealth fund," ujar Sandiaga.

Selanjutnya Kemenparekraf menghadirkan pelatihan manajemen restoran Indonesia yang berkolaborasi dengan KBRI Abu Dhabi. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat manajemen restoran Indonesia di luar negeri khususnya Uni Emirate Arab dengan dukungan lembaga perbankan untuk permodalan.

"Kami memberikan pelatihan manajemen restoran karena ternyata semakin banyak restoran di luar negeri itu berkat kegiatan Indonesia Spice Up The World dan beberapa kegiatan lainnya," kata Menparekraf Sandiaga.

Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah pertemuan dengan maskapai Emirates guna mendorong penambahan frekuensi penerbangan ke Bali dan Jakarta, potensi _direct flight_ ke 5 DSP (Destinasi Super Prioritas), dan berbagai kolaborasi untuk memperkuat nilai tambah pariwisata Indonesia.

"Yang paling menarik adalah harapan dari Emirates untuk menambah jumlah penerbangan, terutama ke Bali dan 5 DPSP karena (pesawat) A380 mereka yang ke Bali ternyata sangat diminati oleh para wisatawan mancanegara. Kita harapkan kerja sama ini terus meningkat," ujar Sandiaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat