the-aquarama.com

Bendungan Jenelata Siap Aliri 3 Daerah di Sulsel, Begini Progresnya -

Gowa, - Pembangunan Bendungan Jenelata yang terletak di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa terus berprogres sejak dikerjakan pada Desember 2023 lalu.

Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sulawesi Selatan ini akan mengaliri tiga daerah yakni, Kabupaten Gowa, Maros dan Takalar.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, proses pembangunan Bendungan Jenelata ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar hingga dapat selesai dan difungsikan sesuai target.

Pihaknya terus memantau proses pengerjaannya agar berjalan sesuai rencana, tanpa kendala sesuai petunjuk yang diberikan pemerintah pusat dan provinsi.

"Alhamdulillah sampai dengan hari ini kita mampu menyelesaikan seluruh permasalahan-permasalahan yang akan timbul dan tidak menghalangi proses pembangunan ini," ungkapnya belum lama ini.

Menurut Adnan, saat ini pembebasan lahan terus dilakukan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang.

Meski terdapat beberapa kendala karena adanya penataan lokasi. Penyebabnya lantaran sebagian lokasi terdapat kawasan hutan sehingga saat ini terjadi penundaan pembayaran.

"Solusi kami kepada pihak balai agar sebaiknya yang tidak masuk dalam kawasan hutan agar segera dibayarkan karena memang secara syarat, prosedur dan mekanisme ini sudah tidak ada masalah," jelasnya.

Baca Juga: Bendungan Jenelata Perkuat Suplai Air Baku di Sulsel, Target Rampung 2028

Sementara, Kepala Satker Bendungan Jenelata, IGN Carya Andi Baskara, menyampaikan, pembangunan Bendungan Jenelata ini merupakan proyek terpadu dari sistem pengelolaan sumber daya air terutama di Kabupaten Gowa.

Bendungan ini mampu menampung hingga 223 juta m³ air yang ditargetkan selesai pada 2028 mendatang.

"Desember 2023 kita lakukan ground breaking, untuk sekarang progres sudah 2,1 persen dan kita sudah mulai penggalian untuk maindam. Harapan kami dengan dukungan dari pak gubernur dan pak bupati untuk percepatan pengadaan lahan ini kita akan dorong lebih cepat lagi dan bisa mencapai 8-10 persen diakhir 2024," harapnya.

Pembangunan Bendungan Jenelata telah melalui beberapa tahapan. Pertama, pada 2019 dilakukan re-desain.

Kedua, pada 2022 dilakukan penandatanganan kontrak, dan Desember 2023 mulai dilakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pengerjaan proyek.

Baca berita update lainnya dari  di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat