the-aquarama.com

Bupati Berau Sri Juniarsih Pimpin Upacara HARKITNAS Tahun 2024 -

- Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 digelar di Halaman Kantor Bupati Berau, pada Senin (20/05/2024) pagi.

Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsuh Mas yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Tema Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 adalah Bangkit Untuk Indonesia Emas, Turut Hadir dalam upacara ini, Wakil Bupati Berau, H. Gamalis, Sekda Berau, Muhammad Said, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta dihadiri Para ASN dan Pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Berau.
 
Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, yang dibacakan oleh Bupati Sri Juniarsih Mas, disebutkan bahwa Harkitnas bertujuan mengenang dan merayakan kebangkitan semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, memperingati berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak perjuangan kemerdekaan Indonesia.
 
Baca Juga: Bupati Pimpin Upacara Harkitnas di Kukar, Indonesia Bangkit Menuju Indonesia Emas
 
 
Bupati Sri Juniarsih dalam pidatonya menekankan pentingnya Budi Utomo dalam sejarah Indonesia, yang menjadi dasar peringatan Harkitnas.
 
Tujuan peringatan 116 tahun Kebangkitan Nasional adalah untuk memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan.
 
“Ini adalah landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, serta mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Bupati Berau.
 
Lebih lanjut dikatakannya, saat ini Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.
 
Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.
 
 
“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adapun di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” Ujarnya.
 
Di kesempatan ini Bupati Sri Juniarsih juga menyampaikan bela sungkawa terhadap musibah banjir yang menimpa Kabupaten Mahakam Ulu beberapa waktu lalu.
 
Sebagai bentuk rasa solidaritas dan kepedulian terhadap masyarakat di sana, ia pun meminta seluruh OPD untuk dapat mengumpulkan bantuan kemanusiaan.
 
"Kita juga bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. Agar menjaga lingkungan secara berkelanjutan," pungkasnya.
 
Baca Juga: Teks Amanat Pembina Upcara Hari Kebangkitan Nasional 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat