the-aquarama.com

Sikapi Persoalan Lokal dan Global, MIWF 2024 Usung Tema m/othering -

Makassar, - Rumah Budaya Rumata’ Artspace kembali menggelar agenda tahunannya yakni Makassar International Writers Festival (MIWF) 2024. Festival sastra tersebut akan berlangsung di Benteng Fort Rotterdam pada 23 hingga 26 Mei 2024.

Direktur MIWF, M. Aan Mansyur, mengatakan, tahun ini MIWF mengangkat tema: m/othering.

Tema tersebut dipilih mengingat semakin mendesaknya percakapan perihal gagasan dan tindakan di tengah berbagai persoalan hidup yang terjadi saat ini.

Karenanya, MIWF 2024 ingin membuka serta memfasilitasi ruang aman bagi percakapan serta perayaan ide dan praktik perawatan.

Baca Juga: Dalam Rangka Menginisiasi Lahirnya Ide Dan Gagasan Pemkab PPU Gelar FGD Forum Koordinasi Inovasi Daerah dan Lomba Inovasi Tahun 2024

Terutama yang memengaruhi, membentuk, dan menghidupkan beragam kelompok yang dipinggirkan.

Pertukaran gagasan itu akan dilakukan antara penulis, pembaca, seniman, aktivis, akademisi, pegiat komunitas, dan publik dari berbagai latar belakang.

Nantinya diharapkan pertukaran gagasan itu membantu untuk menemukan sejumlah alternatif pertanyaan dan jawaban dalam menghadapi masalah, baik dalam konteks lokal maupun global.

"Sastra, atau seni secara umum, bisa membantu kita untuk merawat dan menemukan gagasan dan siasat yang lebih jernih dan kritis. Membantu kita menatap dan menata masa depan, menciptakan ruang di mana kita mendapatkan kekuatan dan harapan. MIWF ingin senantiasa menjadi bagian dari usaha merawat kebaikan-kebaikan semacam itu,” ujar Aan Mansyur yang juga dikenal sebagai penyair nasional.

Baca Juga: Indonesia Mini di Panggung Festival Sastra Yogyakarta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat