the-aquarama.com

12 Tahun Menunggu, Berikut Pengalaman Jemaah Haji Asal Palembang -

Palembang, – Musim Ibadah Haji 2024 tengah berlangsung saat ini. Salah satu jemaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan, Dr. M. Ridwan Saiman, menceritakan pengalamannya pergi haji tahun ini kepada Sonora (29/05/2024).

"Saya dan istri tergabung dalam kloter 11 PLM. Kami berangkat tanggal 25 Mei. Gelombang kedua langsung ke Mekah. Kami mendaftar haji pada Desember 2012, dan tahun ini akhirnya dapat panggilan setelah dua belas tahun menunggu," ujarnya.

Ridwan menuturkan bahwa kondisi cuaca di Mekah saat ini bersuhu 29 derajat Celsius, dengan puncak panas menjelang Dzuhur mencapai 40 derajat Celsius.

Jemaah dihimbau menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti payung, topi, masker, dan spray untuk membasahi muka.

"Kegiatan saat ini adalah memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, terutama malam dan pagi untuk mengurangi paparan panas. Dihimbau untuk lebih fokus ke puncak haji. Saat Dzuhur, ke musholla hotel, dan setelah waktu azan menuju Masjidil Haram untuk ibadah Ashar hingga Isya. Setiap jam dua pagi, persiapan ke Masjidil Haram agar bisa mendapatkan pelataran Thawaf dekat Ka’bah dengan memakai ihram," ujarnya.

Baca Juga: Gen Z Banyak yang Menganggur, Akademisi Sumsel Beberkan Penyebabnya

Ia menghimbau kepada jemaah haji yang akan berangkat, khususnya kloter 14 hingga 19, agar mempersiapkan diri dengan baik.

Perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi karena cuaca panas, dan perbanyak istirahat untuk menjaga stamina dalam melaksanakan umrah wajib dan ibadah di Masjidil Haram.

"Sering-sering minum air agar tidak dehidrasi. Bawa spray untuk menyiram muka agar tidak kering karena cuaca," tutupnya.

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis Rencana Perjalanan Haji (RPH) tahun 2024, yang berisikan rangkaian tahapan kegiatan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat