the-aquarama.com

Pengertian 'Sedentary Lifestyle' dan Dampaknya bagi Kesehatan -

Apakah kamu pernah mendengar istilah sedentary lifestyle? Lantas, apa arti sedentary lifestyle? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Melansir MedicalNewsToday, sedentary lifestyle mengacu pada kurangnya aktivitas fisik yang signifikan.

Hal ini menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan dan berhubungan dengan masalah kesehatan yang kronis.

Sedentary lifestyle adalah gaya hidup ketika seseorang cenderung malas melakukan aktivitas fisik atau menggerakan tubuhnya.

Baca Juga: Gaya Hidup Sedentary Lifestyle Berbahaya Untuk Kesehatan

Pengertian Sedentary Lifestyle

Gaya hidup sedentari atau sedentary lifestyle adalah pola hidup tidak sehat ketika seseorang cenderung malas untuk menggerakkan tubuhnya atau melakukan aktivitas fisik.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), sedentary lifestyle adalah kegiatan yang dilakukan di luar waktu tidur dan hanya mengeluarkan kalori dalam jumlah sedikit, yaitu kurang dari 1,5 METs.

Sedentary lifestyle tentu perilaku yang dapat merugikan tubuh.

Contohnya meliputi menonton TV dalam waktu lama, bermain video game, duduk berjam-jam di depan komputer, atau bahkan menggunakan kendaraan untuk jarak pendek yang sebenarnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Semua ini mencerminkan gaya hidup yang kurang aktif.

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa sedentary lifestyle adalah salah satu penyebab kematian yang kasusnya sering terjadi di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat