the-aquarama.com

Karnaval Budaya Nusantara APEKSI 2024, Banjarmasin Hadirkan Hadrah -

Banjarmasin, – Kesenian Sinoman Hadrah dan tari-tarian khas Banjar, turut memeriahkan Karnaval Budaya Nusantara di Dome Balikpapan Sport and Convention Center, Kalimantan Timur, Rabu (05/06), dalam rangkaian Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Siti Wasilah, turut serta dalam karnaval yang menjadi ajang pengenalan seni dan budaya kota yang menjadi anggota dari APEKSI.

Rombongan karnaval Kota Banjarmasin dipimpin Sekda, Ikhsan Budiman, didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan, Rusdianti, bersama sejumlah unsur pimpinan SKPD, camat dan lurah serta jajaran terkait di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ibnu mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya karnaval budaya yang menampilkan ragam budaya Banjar dalam acara tersebut.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak, Kota Banjarmasin bisa menampilkan Karnaval Budaya dengan berbagai macam ragam budaya Banjar yang dihadirkan. Ada Sinoman Hadrah, ada tarian-tarian Banjar, serta seni budaya Banjarmasin lainnya," kata Ibnu.

Karnaval turut dimeriahkan 200 peserta dari berbagai kota yang menghadirkan seni dan budaya khas dari masing-masing daerah.

Baca Juga: Boikot Produknya Sama Mendukung, MUI Banjarmasin Serukan Taati Fatwa

Ia berharap, partisipasi Kota Banjarmasin dalam kegiatan APEKSI dan agenda nasional lainnya semakin menguatkan identitas Kota Seribu Sungai di kancah nasional.

Ibnu juga memberikan apresiasinya kepada para seninan Banjar, yang terus menjaga dan melestarikan kebudayaan Banua hingga dapat terus ditampilkan di acara-acara besar.

Selain memperkenalkan seni dan budaya tradisional khas Banjar di level nasional, Kota Banjarmasin menurutnya juga ingin terus menguatkan hubungan persahabatan antar kota di Indonesia melalui nilai-nilai kearifan lokal.

Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI ke-XVII digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sejak tanggal 03-06 Juni 2024.

Setelah dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, para peserta APEKSI juga berkesempatan mempromosikan daerahnya melalui berbagai kegiatan. Mulai dari Indonesia City Expo (ICE) hingga Karnaval Budaya Nusantara.

Ajang tersebut dimanfaatkan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk menguatkan branding di kancah nasional dan juga jalinan persahabatan dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemprov Kalsel Apresiasi Pejuang Kebersihan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat