the-aquarama.com

Bupati Joune Ganda Promosikan Varietas Kelapa Genja Jingga Ganda pada Ajang UCLG ASPAC 2024 di Minut -

Manado, - Kegiatan Executive Meeting Bureau UCLG ASPAC 2024 diadakan pada Kamis, (6/6/2024) Pagi di Likupang.

Acara ini mengangkat tema “Enhancing Sustainable Tourism and Creative Economy through Asia-Pacific Collaboration”.

Kegiatan tersebut membahas lima poin strategis, yakni sustainable tourism development and destination management, enhancing community engagement and participation in sustainable tourism, promoting rural-urban revitalization to support sustainable tourism and the creative economy, leveraging the blue economy development for sustainable tourism and the creative economy, serta harnessing digital transformation and technology for tourism development. Kamis, (6/6/24).

Baca Juga: Pemkab Minut Dukung Percepatan Pengoperasian Bandara Sam Ratulangi, GM AP 1 Ucapkan Apresiasi

“Biasanya kita melakukan rapat bersama di daerah urban yang ramai, namun baru kali ini kita agak menepi jauh dari keramaian kota namun saya dan seluruh delegasi menyatakan kegembiraan dan kekaguman dengan keindahan alam dan keramahan masyarakat di Minahasa Utara” ujar Sekretaris Jendral United Cities and Local Government (UCLG) of Asia Pacific (ASPAC), Dr. Bernadia I Tjandradewi.

Di hari pertama rapat, bersama delegasi 10 negara, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan delegasi Vietnam terkait teknologi pertanian buah kelapa.

Salah satu yang diperkenalkan Joune Ganda yaitu potensi komoditas kelapa, khususnya kelapa varietas Kelapa Genjah Jingga Ganda (Genjah JG) yang menjadi salah satu komoditas unggulan di Minahasa Utara.

Atas inovasi tersebut, Joune Ganda menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI Joko Widodo, yang diserahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di sela-sela pembukaan Penas VXI Petani Nelayan Indonesia di Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 10 Juni 2023.

Dalam hal regulasi, Varietas Kelapa Genjah JG ditetapkan pada 11 November 2022 oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia menandatangan surat keputusan (SK) Kelapa Genjah JG, melalui surat Nomor: 102 /KPTS/KB.020/11/2022 tentang Penetapan Kebun Blok Penghasil Tinggi dan Pohon Induk Terpilih Kelapa Genjah Unggul Lokal Jingga Ganda di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga: Gubernur Olly Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD, Pemkab Minut Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat