the-aquarama.com

Luncurkan Si Suban, Rangkaian Pilkada Banjarmasin 2024 Resmi Dimulai -

Banjarmasin, – Pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin dalam rangkaian Pilkada Serentak 2024 resmi diluncurkan pada akhir pekan lalu, di Siring Depan Balai Kota Banjarmasin.

Peluncuran ditandai dengan gerakan mengayuh sampan secara simbolis, dilanjutkan deklarasi ikrar Pilkada Damai dan pengenalan jingle serta maskot Pilkada Banjarmasin 2024.

Uniknya, maskot Pilkada Banjarmasin 2024 merupakan perwujudan dari puncak Siring Menara Pandang, yang merupakan ikon kota ini, yang diberi nama “Suara Urang Banjarmasin” atau si Suban.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, berharap Pilkada Serentak 2024, khususnya untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, berjalan lancar dan aman seperti halnya saat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif di bulan Februari lalu.

Baca Juga: Burung Cangkurileung Jadi Maskot Pilwalkot Bandung 2024

“Gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, telusuri rekam jejak calonnya demi keberlanjutan pembangunan di Kota Banjarmasin,” pesannya.

Ia menambahkan, sinergitas bersama penyelenggara dan pengawas Pemilu, seperti KPU dan Bawalsu, juga terus ditingkatkan, termasuk lewat ketersediaan anggaran.

“Sesuai arahan dari Mendagri saat Rakernas APEKSI, Banjarmasin juga tercatat sebagai kota yang telah selesai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)-nya. Baik untuk bantuan KPU maupun pengamanan dan lain sebagainya,” tambah Ibnu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rusnailah, menyatakan kesiapan pihaknya dalam melaksanakan Pilkada Banjarmasin 2024.

Saat ini pihaknya juga tengah fokus pada pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk pencocokan data.

“Kami sudah melakukan rekrutmen terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) sebanyak 25 orang dan sudah kami lantik beberapa waktu lalu. Kami juga sudah melantik 150 orang PPS yang tersebar di 52 kelurahan,” terang Nay.

Menurutnya, pihaknya juga telah menerima 490.012 data pemilih dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pilkada se-Kota Banjarmasin.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024, khususnya di Banjarmasin.

“Kami berkomitmen dalam prosesnya akan bekerja dengan sebaik-baiknya. Transparan, adil dan demokratis, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama agar tercipta Pilkada yang damai, aman, kondusif dan bahagia,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat