the-aquarama.com

Perayaan Hari Bakcang 2575, Masyarakat di Pontianak Begitu Antusias -

Pontianak,  - Perayaan Hari Bakcang kembali degelar untuk yang ketiga kalinya tepat pada Senin, 10 Juni 2024 atau dalam kalender Cina Tahun 2575 yang dipusatkan di Alun-alun Kapuas, Pontianak.

Kegiatan yang diselenggarakan DPD MABT Kota Pontianak ini disambut masyarakat dengan meriah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MABT Kota Pontianak, Hendri Pangestu Lim dimana sejak penyelenggaraan pertama kali hanya berlangsung di kapal saja.

"Pertama itu kita selenggarakan hanya pakai kapal saja kemudian tahun berikutnya sudah ada panggung seperti ini dan tidak semeriah sekarang," katanya saat menyampaikan kata sambutan, Senin 10 Juni 2024.

Baca Juga: Apa Arti Hari Bakcang? Sejarah dan Makna Hari Bakcang Secara Singkat

Peringatan Hari Bakcang tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari hiburan nyanyi, permainan kecapi, dan lomba makan bakcang.

Namun yang paling ditunggu - tunggu oleh warga adalah saat tradisi melempar Bakcang.

Hendri juga menjelaskan filosofi Bakcang itu sendiri, dimana bagi kepercayaan masyarakat Tionghoa akan selalu diperingati pada tanggal 5 bulan ke 5 Imlek.

"Konon katanya ada seorang raja (kerajaan) yang mengabdi pada negaranya yang dimana negaranya ini kemudian akan diambil oleh negara asing. Terus beliau merasa frustasi dan terjun ke sungai, "terangnya.

Dia menceritakan lagi setelah "raja" tersebut terjun ke sungai, masyarakat setempat pun melakukan pencarian, kemudian disitulah mereka membuat inisiatif membuat kapal/perahu dan dibuatlah kue bakcang itu, agar binatang tidak memakan jenazahnya.

Baca Juga: Perayaan Bakcang di Pontianak Jadi Ikon Destinasi yang Menarik

Sementara terkait tradisi mandi - mandi di sungai dipercaya untuk menyucikan dan memberikan aura positif kepada area sekelilingnya.

MABT Kota Pontianak juga memiliki beberapa agenda kegiatan salah satunya adalah bakcang dan kue bulan.

"Untuk kue bulan biasa kita adakan di Haris Hotel (Sekretariat MABT)," ucapnya.

Dia juga mengharapkan agar kegiatan ini bisa diwujudkan menjadi agenda tahunan dan memang sudah didukung oleh Pemkot Pontianak," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat