the-aquarama.com

Satgas Pamtas RI–PNG Kewilayahan Yonif 141/AYJP Resmi Diberangkatkan Pangdam II/SWJ -


Palembang, - Dalam rangka latihan Pratugas dan penugasan ke wilayah Papua, Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika memimpin Upacara Pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia (RI) – Papua Nuigini (PNG) Kewilayahan Yonif 141/AYJP.

Upacara Pemberangkatan berlangsung pada
hari Jum’at (14/06/2024) di Dermaga B Pelabuhan Boom Baru Palembang.

"Guna meningkatkan kemampuan prajurit dan satuan, sebelum melaksanakan tugas operasi selama satu bulan sebanyak 450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP akan dibekali dan digembleng dengan berbagai materi latihan taktik dan teknik tempur serta menembak tempur taktis dan senjata bantuan di Daerah Latihan Sangga Buana.

Baca Juga: Berikut Ini Makna Idul Adha dan Lima Keutamaan Bulan Zulhijjah 

"Selesai Latihan Pratugas para Prajurit Yonif 141/AYJP ini akan langsung diberangkatkan ke daerah operasi," kata Pangdam.

Pangdam mengingatkan agar kepercayaan negara yang diberikan bukan saja kehormatan tapi juga merupakan kebanggaan bagi semua, karena tidak semua satuan atau prajurit mendapatkan tugas negara seperti yang kalian terima.

Pangdam II/Swj juga mengatakan bahwa, latihan Pratugas ini merupakan latihan dengan titik berat agar seluruh personel Satgas memiliki naluri intelijen, naluri tempur, dan disiplin tempur yang tinggi.

"Laksanakan tugas Pamtas ini dengan sebaik-baiknya, implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang kalian miliki dengan maksimal, dan jaga komunikasi serta silaturahmi dengan masyarakat sekitar pos kalian di tugaskan," tegas Mayjen TNI Naudi.

Baca Juga: Tinjau Latihan Bela Diri Taktis (BDT), Ini Arahan Pangdam II/SWJ

Pangdan juga mengingatkan agar selalu menjaga nama baik Kodam II/Swj
dan menghindari segala bentuk pelanggaran serta perbuatan yang tidak terpuji, dengan senantiasa memegang Teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI di manapun kalian berada.

"Setibanya di daerah penugasan nanti, segeralah beradaptasi dengan lingkungan, pahami situasi dan kondisi wilayah dengan berbagai permasalahan yang ada serta lakukan analisa situasi dengan tepat, sehingga terhindar dari kesalahan dalam pengambilan Keputusan,” ujar pangdam.

"Ingat, selain negara menanti dharma bakti kalian, disini juga kami dan seluruh keluarga kalian menanti seraya berdoa untuk kesuksesan dan keselamatan kalian selama menjalankan tugas operasi," pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara pemberangkatan tersebut, Kasdam II/Swj beserta Pejabat Utama Kodam II/Swj, Kasrem 044/Gapo, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, Dandim 0418/Palembang, Ketua Persit dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Sriwijaya.

Kapolda Sumsel beserta PJU Polda Sumsel, Dansat Brimob Polda Sumsel hadir dalam upacara pemberangkatan tersebut. Disamping itu hadir juga Kasat Pol PP Pemprov Sumsel, Kadishub Prov. Sumsel, GM IPC Pelindo Boom Baru dan Staf serta para tamu undangan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat