the-aquarama.com

Contoh Narasi Raport TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka sesuai CP -

Narasi raport TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka harus memuat tiga elemen Capaian Pembelajaran (CP).

Elemen tersebut terdiri dari elemen nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri, dan elemen dasar-dasar literasi dan STEAM.

Dikutip dari e-dokumen Penjelasan Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yang disusun oleh Kemdikbud pada 2022, berikut pengertian masing-masing elemen:

  1. Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti: Berfokus pada pembelajaran nilai-nilai agama dan moral. Anak diajarkan untuk memahami ajaran agama, menjalankan ibadah, serta mengembangkan sikap seperti kejujuran, kasih sayang, dan tanggung jawab, sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang bermoral dan menghormati orang lain.
  2. Elemen Jati Diri: Membantu anak mengenali identitas dirinya, seperti nama lengkap dan alamat. Anak juga belajar mengembangkan rasa percaya diri, kemandirian, dan kemampuan mengekspresikan perasaan dengan cara positif. Tujuannya adalah untuk membentuk anak yang mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab.
  3. Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM: Mencakup pengembangan kemampuan dasar dalam literasi dan bidang STEAM (Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika). Anak diajarkan mengenal huruf dan angka, membaca, melakukan eksperimen sederhana, memahami teknologi dasar, mengembangkan kreativitas melalui seni, dan mengenal konsep dasar matematika. Tujuannya adalah untuk membangkitkan minat belajar dan rasa ingin tahu anak.

Lantas, bagaimana contoh penulisannya?

Baca Juga: 40 Contoh Catatan Wali Kelas di Raport untuk Siswa Tidak Naik Kelas

Contoh Narasi Raport TK A Semester 2

Sebagai acuan, berikut contoh narasi raport Kurikulum Merdeka untuk TK A Semester 2.

1. Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti

"Ananda menunjukkan perkembangan yang baik dalam memahami dan mempraktikkan ajaran agama yang dianutnya. Ananda aktif berpartisipasi dalam kegiatan ibadah dan mulai memahami nilai-nilai agama seperti kasih sayang, kejujuran, dan sopan santun. Ananda juga menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam berinteraksi dengan teman-temannya, Ananda menunjukkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Selain itu, Ananda merawat dan menyayangi makhluk hidup di sekitarnya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan."

2. Elemen Jati Diri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat