the-aquarama.com

5 Contoh Narasi STEAM Raport TK: Capaian Pembelajaran Kurmer -

Contoh narasi STEAM raport TK berikut ini bisa dijadikan acuan untuk mengisi Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka.

STEAM merupakan singkatan dari Science Technology Engineering Art and Mathematics atau Sains Teknologi Rekayasa Seni dan Matematika.

Capain pembelajaran satu ini biasanya disatukan dengan dasar-dasar literasi.

Adapun dasar-dasar literasi dan STEAM adalah elemen yang mencakup pengembangan kemampuan literasi dasar serta pemahaman awal dalam bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika (STEAM).

Baca Juga: Contoh Narasi Raport TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka sesuai CP

Dikutip dari Penjelasan Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi yang disusun Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemdikbud), simak apa arti STEAM dalam raport TK Kurikulum Medeka.

  • Literasi: Mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, angka, dan kata-kata sederhana, serta mendorong minat baca dan kemampuan menceritakan kembali.
  • Sains: Membantu anak memahami konsep-konsep dasar sains melalui eksplorasi dan eksperimen sederhana, mengembangkan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitarnya.
  • Teknologi: Mengenalkan teknologi dasar dan cara kerja alat-alat sederhana, membantu anak memahami peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Rekayasa (Engineering): Mengajarkan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis melalui kegiatan yang melibatkan perancangan dan konstruksi.
  • Seni (Art): Mengembangkan kreativitas dan kemampuan ekspresi seni melalui berbagai kegiatan seni rupa, musik, dan gerak.
  • Matematika: Mengenalkan konsep-konsep dasar matematika seperti angka, bentuk, penghitungan, dan pengukuran dengan cara yang menyenangkan dan kontekstual.

Contoh Narasi STEAM Raport TK

Narasi 1

"Ananda menunjukkan minat yang besar dalam kegiatan literasi dan STEAM (Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika). Ananda senang mendengarkan cerita dan mulai mencoba membaca buku sederhana dengan antusias. Dalam kegiatan sains, Ananda aktif melakukan eksplorasi dan percobaan sederhana, serta menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Ananda juga mulai memahami konsep dasar matematika seperti menghitung dan mengenal bentuk. Kreativitas Ananda terlihat dalam kegiatan seni, di mana Ananda sering membuat karya yang imajinatif dan unik. Semua ini menunjukkan kesiapan Ananda untuk mengikuti pendidikan dasar dengan sikap positif terhadap belajar."

Narasi 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat