the-aquarama.com

Peduli Lansia, Pemko Banjarmasin Tidak Ingin Lagi Ada yang Terlantar -

Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menekankan agar perhatian kepada warga lanjut usia atau lansia, terus diberikan oleh seluruh pihak.

Tak hanya keluarga, tapi juga masyarakat lainnya dan unsur pemerintah lewat program khusus.

Hal itu diungkapkan Ibnu dalam peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-28 Tahun 2024 yang digelar di Banjarmasin, belum lama ini.

Mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, Ibnu mengatakan bahwa hal itu merupakan bentuk penghargaan kepada orang tua yang harus dijaga dan dirawat bersama-sama.

Baca Juga: Kapan Bansos Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 Cair? Ini Jawaban Dinsos

Dari data yang dimiliki, saat ini jumlah warga yang masuk kategori lansia di Kota Banjarmasin mencapai 22 ribu orang dengan usia di atas 60 tahun dan tidak lagi masuk usia produktif.

Tapi tidak sedikit yang masih tetap harus bekerja karena tuntutan hidup, yang sebagian besar juga hanya mendapat upah kecil.

“Mereka inilah perhatian kami. Sehat dan selalu terjaga, tentu akan memperpanjang usia mereka,” jelasnya.

Ia berharap, dengan berbagai upaya perlindungan lansia yang dilakukan, tidak ada lagi yang terlantar dan jadi gelandangan.

“Kalaupun ada yang terlantar dan tidak punya keluarga, kita punya penampungan di Rumah Singgah untuk lansia yang dapat ditampung dan dirawat sebelum dikembalikan ke keluarga atau tempat asalnya,” tutur Ibnu lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat