the-aquarama.com

Audiensi Pimpinan Perguruan Tinggi dengan Pangdam II/Sriwijaya untuk Kerjasama Strategis -

- Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, Rektor Universitas Bina Darma Palembang, dan Rektor Universitas Kader Bangsa Palembang melaksanakan audiensi dengan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika di Ruang Gatot Subroto, Makodam II/Sriwijaya, pada Rabu (03/07/2024).

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Drs. Paiman mengungkapkan bahwa tujuan audiensi ini selain untuk menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi yang harmonis antara Civitas Akademika Perguruan Tinggi dengan Kodam II/Sriwijaya, juga membahas sejumlah rencana kerjasama.

Beberapa bidang yang dibahas meliputi Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin), Bela Negara bagi mahasiswa, bidang kesehatan, sosialisasi tata cara masuk menjadi prajurit TNI, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama dalam membangun kesadaran hukum masyarakat.

"Mereka juga mengharapkan Bapak Pangdam dapat memberikan kuliah umum terkait Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa dan civitas akademika," ujar Paiman.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan tugas pokok TNI berdasarkan UU TNI nomor 34 tahun 2004, yang mencakup operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Baca Juga: Tanggapan Pengamat Kebijakan Publik Soal Tapera

"Tugas operasi militer perang adalah menghadapi musuh dari luar, sementara tugas operasi militer selain perang meliputi mengatasi separatisme, terorisme, pemberontakan bersenjata, pengamanan VVIP, membantu tugas pemerintah daerah, dan penanggulangan bencana," jelasnya.

Pangdam II/Sriwijaya menyambut baik rencana kerjasama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Bina Darma Palembang, dan Universitas Kader Bangsa Palembang.

"Ke depan, kerjasama ini sangat memungkinkan untuk dilakukan. Terkait MoU, ada banyak peluang. Di bidang kesehatan ada Kesdam II/Sriwijaya dan Rumah Sakit AK. Gani Palembang, di bidang hukum ada satuan Kumdam II/Sriwijaya yang bisa memberikan penyuluhan hukum, serta berbagai bidang lainnya seperti Bintal, sejarah, jasmani, peralatan, termasuk pemberian materi Bela Negara dan Diksarlin," jelas Pangdam. "Intinya, kami siap untuk kerjasama," pungkasnya.

Audiensi tersebut diakhiri dengan pertukaran cendera mata plakat antara Pangdam II/Sriwijaya dengan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, Rektor Universitas Bina Darma, dan Rektor Universitas Kader Bangsa Palembang, serta foto bersama.

Hadir dalam acara tersebut Carlos RS, S.T., M.T, Wadir 1 Politeknik Negeri Sriwijaya beserta staf, Prof. Dr. Sunda Ariana Rektor Universitas Bina Darma didampingi Direktur Kemahasiswaan, dan Dr. dr. Fika Minata Wathan, Rektor Universitas Kader Bangsa didampingi 4 orang staf.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya didampingi Aspers Kasdam, Aster Kasdam, Kapendam II/Sriwijaya, dan Kasetum Dam II/Sriwijaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat