the-aquarama.com

Hadapi tantangan pemenuhan pangan, Wapres Ma'ruf Amin dorong sektor budidaya perikanan -

- Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menyampaikan pemenuhan kebutuhan pangan global terutama protein hewani yang berkualitas menghadapi tantangan di tengah peningkatan populasi dunia yang diproyeksikan mencapai 8,6 miliar orang pada tahun 2030.

Dengan demikian, kata Ma'ruf, sektor akuakultur atau budidaya perikanan pun menjadi aspek penting dalam memenuhi permintaan.

"Kawasan Asia Pasifik dengan garis pantai yang panjang dan luas memiliki beberapa negara kepulauan dengan keanekaragaman hayati laut yang berpotensi besar memenuhi kebutuhan pangan dan menyumbang 5% dari ekonomi global" Ucap Ma'ruf saat meresmikan pembukaan Asian Pacific Aquaculture, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (04/07/2024)

Di Indonesia, Ma'ruf Amin mengatakan penerapan teknologi dan inovasi bidang perikanan dan penguatan regulasi kebijakan, ke depan, terus didorong untuk mewujudkan ekonomi maritim yang inklusif berkelanjutan.

"Salah satu sektor perikanan yang berpotensi menyumbang 16% dari nilai ekonomi bidang kelautan Indonesia adalah akuakultur (budi daya perikanan). Pemerintah terus mendorong pengembangan budi daya perikanan ini agar lebih modern, mandiri dan berkelanjutan" Jelasnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Minta Pelaku Bisnis Syariah Siapkan Langkah Strategis

Melalui kekayaan alam laut yang berlimpah, Indonesia memiliki potensi besar menjadi pelaku bisnis utama akuakultur tidak hanya di skala nasional tapi juga global.

Menurut Ma'ruf Amin ada tiga strategi untuk memajukan akuakultur di Indonesia secara berkelanjutan. Pertama, pengembangan inovasi teknologi akuakultur berkonsep ekonomi biru harus diimplementasikan secara masif.

Kedua, Kementerian/lembaga terkait harus terus memberikan perhatian pada riset dan perekayasaan teknologi untuk pengembangan akuakultur berbasis ekonomi biru. Dan terakhir, Wapres menilai ajang bertemunya pelaku usaha dan pemangku kebijakan di sektor akuakultur dari berbagai negara seperti Expo Asian-Pacific Aquaculture dapat dimanfaatkan saling berbagi ilmu dan inovasi.

"Forum ini harus dijadikan sebagai tempat pertukaran informasi dan berbagi hasil pengembangan dan penelitian, inovasi, serta teknologi akuakultur terbaru," tuturnya

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengajak para investor bersama Pemerintah untuk lebih fokus dalam membangun perikanan budidaya berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ia menyebut, bahwa Pemerintah berkomitmen untuk terus membangun ekosistem usaha di sektor akuakultur dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat