the-aquarama.com

Polda Sumsel Gelar Sidang Terbuka Penentuan Kelulusan Calon Taruna Akpol 2024 -

Palembang, - Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo mewakili Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo memimpin sidang terbuka penentuan kelulusan tingkat panda menuju tingkat panpus penerimaan calon Taruna/i Akpol 2024.

Sidang terbuka ini dilaksanakan di Auditorium lantai VII Gedung Utama Presisi Polda Sumsel, Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, pada Rabu sore (3/7/2024).

Dalam sambutannya, Sudrajad Hariwibowo menyampaikan, seluruh proses seleksi diawasi secara ketat oleh pengawas internal, yaitu Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) dan Bid Propam Polda Sumsel, serta pengawas eksternal.

“Proses sidang ini dilaksanakan secara terbuka dan hasilnya dapat dilihat secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya peluang bagi oknum tertentu agar tidak melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab,” ujar alumni Akpol 96 tersebut.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto, melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan, SH, MSi, mengatakan bahwa proses penerimaan ini merupakan sebuah kompetisi agar dapat terpilih menjadi Bhayangkara yang berkualitas di masa depan.

Menurutnya, sebuah kompetisi tentunya memiliki konsekuensi karena akan ada peserta yang lulus terpilih dan ada yang lulus dan belum terpilih. Karena itu, panitia seleksi harus betul-betul serius dalam perekrutan personel Polri ini.

Suparlan mengutip ucapan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat menutup rakorbin SDM Polri di Yogyakarta (19/11/2021) beberapa tahun yang lalu bahwa, SDM Polri harus bisa menjadi ‘koki’ yang meramu kompetensi nilai etika, kepemimpinan, dan teknis untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul seperti yang diharapkan dan dipercaya oleh masyarakat.

Pamen Polri melati dua ini mengucapkan selamat kepada calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus terpilih, serta bagi yang lulus dan belum terpilih diharapkan untuk tidak putus asa dan tetap semangat.

Baca Juga: Ini Hasil Pemeriksaan Kesehatan Tahap II Penerimaan Taruna/i TA 2024

“Isilah hari-hari ke depan dengan hal-hal yang bermanfaat, tetap menjaga mental, fisik, serta rohani. Koreksi diri sendiri, perbaiki, dan tingkatkan kembali kekurangan yang ada dalam diri dengan mempersiapkan diri secara maksimal. Yakinlah, apabila diri sudah dipersiapkan secara maksimal, maka keberhasilan akan datang,” lanjutnya.

Sidang kelulusan turut dihadiri pejabat utama (PJU) Polda Sumsel, di antaranya Kombes Pol Gandung D. Wardoyo, SIK, Kabag Dalpers Ro SDM Polda Sumsel Kombes Pol Zainal Arrachman, SIK, panitia, pengawas internal dan eksternal, peserta, dan orang tua calon Taruna/i Akpol Panda Polda Sumsel T.A. 2024.

Pada sidang akhir tingkat panda penerimaan Taruna/i Akpol 2024, dari 24 peserta (20 pria dan 4 wanita) yang dinyatakan lulus terpilih, kuota lulus tingkat panda berjumlah 11 orang (9 pria dan 2 wanita).

Tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat sehingga diperlukan personel Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI), yang selalu siap menjawab dinamika kamtibmas di tengah masyarakat.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Polri khususnya Polda Sumsel terus berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM, dimulai dari proses rekrutmen personel Polri dengan memegang teguh prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat