the-aquarama.com

Disparekraf Jakarta Terus Fokus Tingkatkan Daya Tarik dan Kualitas Destinasi Wisata -

 - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Jakarta tengah berupaya untuk melakukan pemerataan destinasi wisata. Pendekatan berbagai strategi dilakukan untuk meningkatkan daya tarik dan kualitas destinasi wisata di kota ini.

Kepala Disparekraf Jakarta Andhika Permata menjelaskan, saat ini pihaknya berfokus pada pengembangan berbagai sisi pariwisata di Jakarta. Menurutnya, pengembangan tersebut meliputi infrastruktur, destinasi wisata prioritas, peningkatan pemasaran, kolaborasi pihak swasta, serta ekonomi kreatif.

 “Dengan fokus pengembangan tersebut, upaya pemerataan destinasi wisata di Jakarta melibatkan berbagai inisiatif yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas wisata dan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Jakarta,” kata Andhika dalam keterangan tertulis yang diterima beberapa waktu yang lalu. 

Baca Juga: Jajaran Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Sektor pengembangan infrastruktur, Disparekraf Jakarta akan berfokus pada sarana transportasi dan akomodasi. Sedangkan dalam pengembangan destinasi wisata prioritas, pengembangan akan berfokus pada lokasi yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan daya tarik wisata di Jakarta. 

“Pemerintah telah mengidentifikasi beberapa destinasi superprioritas, seperti Kepulauan Seribu, yang akan dikembangkan dari sisi infrastruktur dan pelayanan,” ujar Andhika. 

Pihaknya juga akan meningkatkan pemasaran wisata yang lebih efektif, seperti pemasaran produk dan pengembangan kualitas pelayanan wisata. Andhika pun berharap, dapat meningkatkan dukungan swasta, seperti mendorong investasi. 

Mengenai kolaborasi dan peningkatan kualitas pelayanan wisata Jakarta, Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo memastikan dukungan terus dilakukan terkait hal ini. Ia mengatakan dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di Jakarta, pihaknya turut menggandeng salah satu platform e-commerce di Indonesia sebagai mitra penjualan resmi Jakarta Tourist Pass. 

“Melalui sinergi ini, Jakarta Tourist Pass dapat dengan mudah diakses dan dibeli oleh masyarakat melalui platform e-commerce, yang memberikan kemudahan perjalanan wisata di Jakarta,” ujar Agus.

Baca Juga: Disparekraf DKI Ajak Pelaku Seni Budaya Dunia Berwisata Bahari di Jakarta

Agus menjelaskan bahwa kerja sama dengan pihak e-commerce merupakan langkah strategis dalam memperkuat ekosistem digital di Jakarta. 

“Selain memudahkan wisatawan dalam menggunakan transportasi umum dan layanan wisata lainnya, Jakarta Tourist Pass juga merupakan upaya bersama untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang modern dan terintegrasi," ujar Agus.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan bahwa Jakarta Tourist Pass, yang merupakan produk kolaborasi antara Bank DKI dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, dirancang untuk memudahkan wisatawan dalam mengakses dan menggunakan berbagai layanan transportasi umum di Jakarta secara cash less. 

“Dengan adanya Jakarta Tourist Pass, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dengan menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan,” jelasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat