the-aquarama.com

Windy Emban Tugas Sebagai Ketua YKI Cabang Kalbar -

Pontianak, - Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., secara resmi mengukuhkan pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kalimantan Barat untuk periode 2024-2029 dalam sebuah acara yang berlangsung di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar pada Sabtu (6/7/2024).

Pengukuhan tersebut ditandai dengan pemasangan PIN kepada Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., yang akan menjabat sebagai Ketua YKI Cabang Kalbar.

Pj. Gubernur Harisson dalam sambutannya, menegaskan pentingnya komitmen bersama dalam memerangi kanker serta memberikan dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak penyakit tersebut. Ia menekankan peran strategis YKI dalam pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan kanker di Kalimantan Barat.

"Sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, saya merasa bangga berada di sini menyaksikan bapak dan ibu dilantik sebagai Pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kalimantan Barat. YKI merupakan lembaga nirlaba strategis dalam upaya pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan kanker," ungkap Pj Gubernur Kalbar.

Baca Juga: 22 tahun berkiprah, Hotel Kapuas Dharma Semakin Siap Berkompetisi

Ketua YKI Pusat, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, juga hadir dalam acara tersebut, menekankan bahwa YKI sebagai

organisasi nirlaba memiliki tanggung jawab moral untuk meminimalisir angka kanker di daerah bersama pemerintah dan stakeholder lainnya.

"Kita harus berkoalisi dengan masyarakat juga komunitas kanker lainnya. Kita tidak bisa bekerja sendirian, karena untuk mengentaskan kanker ini harus dikeroyok. Dan kanker ini tidak bisa kita turunkan hanya dengan peralatan dan obat yang canggih, tapi dengan deteksi dini juga edukasi kepada masyarakat," ujarnya.

Windy Prihastari, yang dikukuhkan sebagai Ketua YKI Kalbar, menyatakan bahwa pengurus YKI memiliki tanggung jawab sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan kanker di masyarakat Kalimantan Barat. Kehadiran YKI di Kalimantan Barat berperan penting dalam memberikan penyuluhan kesehatan tentang bahaya penyakit kanker kepada masyarakat.

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan kesepakatan untuk proaktif dalam mencegah dan deteksi dini kanker.” terang Windy.

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah lembaga yang beroperasi secara nasional dengan fokus pada penanggulangan kanker melalui program edukasi, deteksi dini, pengobatan, dan penggalangan dana. Dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, YKI berperan penting dalam upaya memerangi penyakit mematikan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat