the-aquarama.com

3 Khutbah Jumat 10 Muharram Singkat, Penuh Makna dan Menyentuh Hati! -

– Berikut beberapa contoh teks khutbah Jumat 10 Muharram singkat, penuh makna dan menyentuh hati yang bisa dijadikan referensi.

Bulan Muharram merupakan bulan yang penuh makna dan sejarah bagi umat Islam. Salah satu momen penting dalam bulan Muharram adalah bertepatan dengan tanggal 10.

Hari tersebut diperingati sebagai Hari Asyura, yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam.

Hari Asyura atau 10 Muharram tahun 2024 jatuh pada Selasa 16 Juli 2024.

Maka dari itu, khutbah jumat 10 Muharram sangat tepat untuk disampaikan oleh khatib sebagai khutbah Jumat.

Baca Juga: 3 Khutbah Jumat Menyambut Bulan Muharram, Singkat Menyentuh Hati! 

Ada banyak materi yang bisa diangkat sebagai khutbah jumat 10 Muharram, misalnya Khutbah Jumat Keutamaan 10 Muharram, Peristiwa Penting pada 10 Muharram, dan lain-lain.

Tak perlu berlama-lama, beriktu 3 khutbah jumat 10 Muharram singkat, penuh makna dan menyentuh hati yang bisa dijadikan referensi.

1. Khutbah Jumat Keutamaan 10 Muharram

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ ، اللَّهُمَّ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءَكَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ، خَيْرُ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ أَمَّا بَعْدُ ، فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Swt. dengan menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya. Sebab, sebaik-baiknya bekal di dunia dan akhir adalah bertakwa kepada Allah Swt.

Khotib dalam kesempatan ini, akan menyampaikan khotbah Jumat tentang "Keutamaan dan Amalan Sunah di 10 Muharram".

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Umat Islam telah memasuki bulan Muharram sejak beberapa waktu lalu. Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Allah Swt. berfirman mengenai keistimewaan bulan Muharram dalam Surah At-Taubah ayat 36 sebagai berikut:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Arab Latinnya:

Inna ‘iddatasy-syuhūri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa minhā arba‘atun ḥurum(un), żālikad-dīnul-qayyim(u), falā taẓlimū fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatan kamā yuqātilūnakum kāffah(tan), wa‘lamū annallāha ma‘al-muttaqīn(a).

Artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya [terdapat] empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama-sama orang yang bertakwa,” (QS. At-Taubah [9]: 36).

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Di dalam bulan mulia Muharram terdapat salah satu hari paling istimewa, yang dikenal dengan 10 Muharram atau 10 Asyura. Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang ditulis Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, 10 Muharram akan jatuh pada Selasa, 16 Juli 2024 mendatang.

Salah satu keutamaan 10 Muharram adalah dibukanya pintu magfirah atau ampunan Allah Swt. kepada mereka-mereka yang mau bertaubat dengan bersungguh-sungguh. Ibn Syaibah dalam kitab al-Kitāb al-Mushannaf fī al-Ahādīts wa al-Atsār, menuliskan sebuah riwayat hadis sebagai berikut:

«إِنْ كُنْتَ صَائِمًا شَهْرًا بَعْدَ رَمَضَانَ، فَصُمِ الْمُحَرَّمَ فَإِنَّهُ شَهْرُ اللَّهِ، وَفِيهِ يَوْمٌ تَابَ فِيهِ قَوْمٌ، وَيُتَابُ فِيهِ عَلَى آخَرِينَ»

Artinya:

"Jika kamu berpuasa satu bulan setelah Ramadhan, maka berpuasalah di bulan Muharram karena itu adalah bulan Allah. Di dalamnya terdapat satu hari di mana suatu kaum bertaubat, dan akan ada kaum lainnya yang bertaubat pada hari itu," (HR. Ibnu Syaibah).

Selain sebab di atas, keistimewaan 10 Asyura tidak dapat dilepaskan dari beberapa peristiwa bersejarah dalam Islam yang pernah terjadi waktu tersebut. Berikut ini beberapa kejadian bersejarah yang terjadi di 10 Muharram: 

  • Allah Swt. menerima taubat atas dosa-dosa yang dilakukan Nabi Adam As.
  • Kapal Nabi Nuh berlabuh di Bukti Zuhdi setelah selamat dari banjir yang melanda dunia
  • Nabi Ibrahim As. diselamatkan dari siksa api Raja Namrud
  • Nabi Yusuf As. dikeluarkan dari penjara Mesir karena terbukti tidak bersalah
  • Nabi Yunus As. dikeluarkan dari perut ikan
  • Nabi Ayyub disembuhkan dari penyakit yang membuatnya terlantar
  • Nabi Musa As. dan umatnya yang selamat dari pengejaran bala tentara Raja Fir'aun di Laut Merah.

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Menghadapi 10 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah. Salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan di 10 Asyura adalah puasa. Dalam sebuah riwayat hadis dari Abu Musa al-Asy'ari, Rasulullah Saw. bersabda sebagai berikut:

كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَتَتَّخِذُهُ عِيدًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُومُوهُ أَنْتُمْ

Artinya:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat