the-aquarama.com

Link PDF Teks Khutbah Jumat 12 Juli 2024: Bulan Muharram dan Anjuran Puasa Asyura -

- Dalam artikel ini kami sajikan paparan teks khutbah Jumat 12 Juli 2024 tentang bulan Muharram dan Puasa Asyura.

Rasulullah SAW menganjurkan puasa Asyura di bulan Muharram. Keutamaan puasa Asyura adalah sebagai pelebur dosa di tahun yang lalu.

"Puasa Asyura dapat meleburkan dosa di tahun yang lalu," ungkap Rasulullah SAW seperti hadis yang diriwayatkan Abi Qatadah.

Sementara para ulama menyebutkan keutamaan puasa Asyura karena bisa mengampuni dosa-dosa selama 60 tahun. Tentunya hal ini dengan mengharap keridhaan Allah SWT.

Merujuk Kalender Hijriah yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) RI, Tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H jatuh pada Minggu (7/7).

Mengacu tanggal yang ditetapkan tersebut, berikut jadwal puasa Tasua dan Asyura bulan Muharram 1446 H/2024 M.

  • Puasa Tasua 9 Muharram: Senin, 15 Juli 2024
  • Puasa Asyura 10 Muharram: Selasa, 16 Juli 2024
  • Puasa 11 Muharram: Rabu, 17 Juli 2024

Berkaitan dengan hal tersebut di bawah ini kami sajikan teks khutbah Jumat 12 Juli 2024 tentang bulan Muharram dan Puasa Asyura lengkap dengan link untuk mengunduhnya (PDF), dikutip dari Kemenag RI.

Baca Juga: Niat Puasa Tasua dan Asyura Sesuai Sunnah, Bisa Menghapuskan Dosa! 

Teks Khutbah Jumat 12 Juli 2024

BULAN MUHARRAM DAN ANJURAN PUASA ASYURA

Oleh: Fakhrul Rijal

KHUTBAH PERTAMA

الْحَمْدُ لِلَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِي لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا

كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ. أَشْهِدُ أَنْ لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ

أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أَصِيْكُمْ وَايَايَ بِتَقْوَ اللَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيمِ: أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ : إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Hadirin sidang jama'ah Jum' at rahimakumullah

Segala puji dan puja mari kita panjatkan pada Allah atas berbagai macam nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita sekalian. 

Di antara nikmat yang Allah anugerahkan adalah kita berada di bulan yang mulia, yaitu bulan Muharram. 

Bulan ini bukanlah bulan yang penuh dengan musibah atau penuh sial sebagaimana anggapan sebagian orang.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada penghulu para nabi dan rasul sekaligus pelita kegelapan, yakni Nabi Besar Muhammad saw. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat