the-aquarama.com

Sukseskan Program Magang, HARRIS Hotel Pontianak dan Politeknik Negeri Sambas Lakukan MoU -

Pontianak,  -  Dalam rangka mendukung dunia pendidikan yang lebih fresh dan melibatkan mahasiswa untuk lebih berkreasi terjun langsung ke dunia kerja khususnya perhotelan dan pariwisata. HARIS Hotel Pontianak melaksanakan MoU Program Magang antara Indonesia Hotel General Manager (IHGMA) Kalimantan Barat dan Politeknik Negeri Sambas, Selasa, 30 April 2024 di Playfull (5G) Lantai 5, HARRIS Hotel Pontianak.

Sebagai Ketua IHGMA Kalbar Ika Florentina sangat bersyukur karena bisa melakukan MoU kerjasama antara IHGMA dengan Politeknik Negeri Sambas. MoU yang dilakukan terkait dengan Pemagangan sekaligus mensupport pembukaan program pemagangan di Kalimantan Barat.

“Khususnya kita lakukan di Hotel HARRIS, “ ujar Ika.

Baca Juga: Dukungan Biznet Untuk Kreativitas Anak Muda Bandung

Dia melanjutkan bahwa penandatanganan ini dimaksudkan agar IHGMA Kalbar punya Misi dan Visi mengembangkan SDM terutama pariwisata dalam hal ini adalah salah satunya mendampingi Perguruan Tinggi Vokasi dan SMA Vokasi. Dimana pendampingan tersebut dalam hal pemagangan serta peningkatan SDM, bisa dalam bentuk guru tamu bisa juga pemagangan termasuk untuk kerjasama penempatan kerja, itulah yang akan dilakukan di IHGMA Kalbar.

“IHGMA Kalbar berharap dengan kita berkontribusi di bidang pendampingan seperti vokasi ini, IHGMA bisa berkontribusi dalam meningkatkan SDM pariwisata. Kemudian kita bisa mensupport Perguruan Tinggi – Perguruan Tinggi atau SMK di Kalbar untuk bisa lebih mencetak tenaga kerja berkualitas terutam dari sisi soft skills, “ tambahnya.

Lanjutnya lagi, diharapkan  lebih banyak menginspirasi pemimpin – pemimpin muda di kalbar untuk bisa menjadi Hotel Leaders atau  Head of Department, dan Pemikir – pemikir di bidang perhotelan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Progja Kerjasama Politeknik Negeri Sambas Hikmah Trisnawati, S.Ant., sangat mengapresiasi terhadap langkah awal yang luar biasa untuk IHGMA Kalbar dalm membuat kesepakatan tau MoU. Menurutnya ini adalah angin segar untuk pihaknya bisa menitipkan anak – anak didiknya terutama untuk pemagangan di hotel – hotel yang ada di seluruh Pontianak sementara ini.

Baca Juga: Pemkab Minut Dukung Percepatan Pengoperasian Bandara Sam Ratulangi, GM AP 1 Ucapkan Apresiasi

“Mungkin ke depannya bisa ekspansi melalui IHGMA Kalbar, anak – anak kami untuk bisa ke hotel – hotel di Indonesia seperti HARRIS, “ katanya.

Hikmah menyatakan lagi bahwa MoU ini tidak hanya bicara soal pemagangan tetapi juga mengikat diri antara akedemisi dan dunia industri melalui sebuah kesepakatan.  

Untuk ke depannya dia mengharapkan agar kerjasama yang dijalin tidak hanya sekedar magang saja tetapi juga banyak hal lain yang bisa dikolaborasikan dan dilakukan bersama. Misalnya dari aspek pengajaran dalam waktu dekat akan berlangsung Kelas Extension setiap hari kamis. Kemudian bisa juga melalui General Manager yang bertindak sebagai dosen tamu, dan juga branding produk dimana produk hasil PKL dipajang di hotel – hotel.  

“Bisa juga di bidang aspek penelitian dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat. Jadi kita bisa luas lagi ekspansi kerjasama ke depannya, salah satunya kita juga bisa melaksanakan Job Fair bersama – sama, “ ungkapnya.

Baca berita update lainnya dari di Google News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat