the-aquarama.com

Pentingnya Pengenalan Nilai-Nilai Luhur Pancasila dari Generasi ke Generasi -

Pontianak, - Seluruh rakyat Indonesia setiap tahunnya memperingati tanggl 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

"Lahirnya Pancasila" adalah judul pidato yang disampaikan olrh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945.

Melalui pidato inilah, konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Infonesia merdeka.

Dalam memaknai Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kota Pontianak menggelar Upacara di halaman Kantor Wali Kota, Sabtu, 1 Juni 2024.

Baca Juga: Pj Wali Kota Pontianak Lepas Keberangkatan JCH Asal Pontianak

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengatakan nilai-nilai luhur Pancasila harus dilaksanakan dalam kehidupan sebagai rakyat Indonesia. Dia mengajak Gen Z dan millenial agar mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Terutama Gen millenial dan Gen z yang belum mengetahui banyak tentang nilai-nilai Pancasila, "ajaknya.

Oleh sebab itu kata Ani, agar pendidikan tentang nilai-nilai Pancasila ini harus dilaksanakan baik di Sekolah Dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas, dan kalau perlu samapai perguruan Tinggi.

"Diajarkan supaya nilai-nilai luhur Pancasila ini memang bisa dilaksanakan oleh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Menurutnya pengamalan nilai-nilai Pancasila menjadi pelajaran wajib di sekolah maupun di perguruan tinggi, sehingga dengan hal tersebut diharapkan nilai-nilai Pancasila ini memang betul-betul mengakar dalam kehidupan bangsa Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat