the-aquarama.com

Tingkatkan Layanan, DPMPTSP Banjarmasin Siap Gunakan MPP Digital -

Banjarmasin, – Diungkapkan Ari Yani, Kepala DPMPTSP Kota Banjarmasin, aplikasi itu akan mendukung keberadaan MPP yang saat ini berlokasi di bekas gedung Mitra Plaza, Jalan Pangeran Antasari.

Seperti halnya MPP fisik, layanan yang ada di aplikasi MPP Digital Nasional akan memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan dokumen, khususnya perizinan.

“Setelah adanya gedung MPP, tentu nantinya juga akan harus dikembangkan lagi dengan MPP Digital,” tuturnya.

Aplikasi itu diakui Ari, dimiliki oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI, yang mulai digunakan sejak akhir tahun lalu oleh Pemerintah Pusat.

Meskipun sudah mulai menyusun rencana, pihaknya masih harus menunggu sejumlah persyaratan sebelum dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut.

Yakni syarat cakupan kepemilikan KTP atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang harus mencapai 4,4% dari total penduduk yang di wilayah tersebut yang sudah masuk usia wajib KTP.

Sayangnya, hingga saat ini cakupannya masih sekitar 2%, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarmasin, yang diterima pihaknya belum lama ini.

Baca Juga: Peringatan 1 Juni, Wawali Kota Banjarmasin Ingatkan Makna Pancasila

Untuk itu, Ia mendorong masyarakat Kota Banjarmasin untuk dapat melakukan aktivasi IKD atau KTP Digital, agar kemudahan pelayanan perizinan juga dapat diwujudkan.

“Ketika capaiannya sudah 4,4%, baru MPP Digital Nasional akan dilaksanakan. Itu nanti juga akan diresmikan oleh KemenPAN-RB,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat