the-aquarama.com

Cegah Stunting, 395 Posyandu di Banjarmasin Gelar Aksi Intervensi -

Banjarmasin, – Sebanyak 395 posyandu balita di Banjarmasin menjadi lokasi pelaksanaan aksi intervensi serentak untuk pencegahan stunting atau tengkes, Senin (03/06) pagi.

Aksi yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat itu, dipantau langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor, yang mendatangi Posyandu Tiram V, Jalan Antasan Raden Barat, Banjarmasin Barat.

Di lokasi itu, berbagai bentuk pencegahan stunting dilakukan, mulai dari pendataan, penimbangan serta pengukuran terhadap berat dan tinggi badan balita dan ibu hamil secara berkelanjutan.

“Kita melihat bagaimana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, khususnya anak-anak dan ibu hamil untuk dapat mengentaskan stunting atau tengkes di Banjarmasin,” tutur Arifin.

Aksi tersebut diakuinya tak sebatas hanya pendataan dan pengukuran yang dilakukan oleh kader-kader posyandu, tapi juga diisi Pemberian Makanan Tambahan kepada anak-anak dan ibu hamil.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan, DPMPTSP Banjarmasin Siap Gunakan MPP Digital

Mengingat kecukupan nutrisi sejak awal kehamilan turut berpengaruh pada kondisi janin dan tumbuh kembangnya setelah lahir.

Ia juga mengapresiasi kekompakan para kader di posyandu yang terus berupaya melakukan upaya pengentasan tengkes lewat berbagai kegiatan.

“Ke depan, kita lihat lagi monitoring dan evaluasinya, agar bergerak secara terukur dan terarah sehingga persentase tengkes kita juga terukur nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin, Muhammad Helfianoor, mengatakan bahwa intervensi serentak dinilai tepat sebagai langkah pencocokan hasil data survei kesehatan dengan situasi yang ada saat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat