the-aquarama.com

Kota Banjarmasin Posisi 593 Oxford Economic Global Cities Index 2024 -

Banjarmasin, - Meski tak lagi berstatus ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin rupanya masih menjadi salah satu kota terbaik di dunia tahun 2024 versi Oxford Economics Global Cities Index 2024.

Dalam daftar yang dirilis Oxford Economics, Banjarmasin menempati peringkat 593 dari 1000 kota di dunia, atau di atas dari Jambi, Samarinda, Pontianak, Pekalongan, Cirebon dan Tasikmalaya.

Saat menghadiri World Cities Summit 2024 di Singapura belum lama ini, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengungkapkan ada sejumlah indikator yang jadi penentu masuk dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Karnaval Budaya Nusantara APEKSI 2024, Banjarmasin Hadirkan Hadrah

“Seperti sumber daya manusia, kualitas kehidupan, lingkungan dan pemerintahan. Jadi yang dikumpulkan untuk menghasilkan skor keseluruhan untuk setiap kota,” tuturnya.

Ibnu menyebutkan, Oxford Economics memperkirakan kota-kota di seluruh dunia akan terus mendorong pertumbuhan dan daya saing global di masa yang akan datang.

Di mana pada tahun 2023, 1000 kota terbesar di dunia menyumbang 60 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dunia.

“Membandingkan kota bukan hanya dari output pertumbuhan ekonomi saja, ada dimensi lain yang membuat kota menarik bagi penduduknya dan investor,” tambah Ibnu.

Global City Index dibuat untuk menilai kekuatan dan kelemahan dari 1000 kota terbesar di dunia dengan melihat data ekonomi dan lainnya yang memungkinkan pembuat kebijakan mengambil keputusan yang lebih tepat.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemprov Kalsel Apresiasi Pejuang Kebersihan

Indeks itu terdiri dari lima kategori, yakni ekonomi, sumber daya manusia, kualitas hidup, lingkungan hidup dan tata kelola, yang terbagi lagi atas sejumlah indikator untuk menjawab beberapa pertimbangan penting.

Dari daftar tersebut, untuk kota yang berada di peringkat 400-700 selain Banjarmasin, yakni Medan di peringkat 470, Makassar di peringkat 454, Padang di peringkat 479, Yogyakarta di peringkat 489, Denpasar di peringkat 495, Mataram di peringkat 507, Palembang di peringkat 517 dan Bandar Lampung di peringkat 519.

Kemudian juga ada Semarang di peringkat 537, Bandung di peringkat 541, Pekanbaru di peringkat 562, Pekalongan di peringkat 706, Cirebon di peringkat 731, dan Tasikmalaya di peringkat 795.a

Baca berita update lainnya dari di Google News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat