the-aquarama.com

Sinergitas Lintas Sektor, TMMD ke-120 Kalsel Hadirkan Layanan KB -

Tanah Bumbu, – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 di wilayah Kodim 1001/HSU-BLG dan Kodim 1022/Tanah Bumbu, resmi ditutup pada Jumat (07/06).

Pada TMMD yang berlangsung sejak 8 Mei hingga 6 Juni 2024 tersebut, turut dihadirkan layanan KB kepada masyarakat.

Setidaknya terdapat 15 akseptor kontrasepsi implan yang dapat terlayani dengan baik dalam layanan KB yang masuk dalam program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting ini.

Layanan KB pada TMMD ini merupakan hasil kerjasama lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, termasuk salah satunya BKKBN.

Saat penutupan TMMD di Kabupaten Tanah Bumbu yang dihadiri Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Nyigit Wudi Amini, Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak selaku penanggung jawab operasional TMMD menyampaikan selain pembangunan fisik yang dirampungkan 100%, kegiatan TMMD ini juga merampungkan kegiatan non-fisik seperti sosialisasi penanganan stunting, bakti sosial dan pelayanan KB gratis.

Baca Juga: Karnaval Budaya Nusantara APEKSI 2024, Banjarmasin Hadirkan Hadrah

"Selain melaksanakan sasaran fisik, tidak kalah pentingnya adalah pelaksanaan kegiatan sasaran non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan Maruli, pada kegiatan TMMD tahun 2024, setiap Satgas TMMD melaksanakan program unggulan Kasad berupa TNI Manunggal Air (pembangunan sumur bor/pipanisasi), ketahanan pangan, penanaman pohon.

“Turut dilaksanakan penyuluhan stunting dan pemberian makanan tambahan untuk bayi, rehabilitasi RTLH dan MCK, serta pembersihan lingkungan yang kesemuanya untuk mendukung program pemerintah." tutup Maruli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat