the-aquarama.com

SMKN 6 Ikut Memamerkan Hasil Karya Tenun di Gelar Karya Kreatif Dialog -

Pontianak,   - SMK Negeri 6 Pontianak mengikuti kegiatan Gelar Karya Kreatif DIALOK (Dibuat Anak Lokal) dan Talkshow Potensi Wastra Kalbar dengan tema “Melirik Wastra kalbar Menjadi Usaha”, Sabtu (7/7/2024).

Kegiatan yang digelar Dekranasda Kalimantan Barat ini sekaligus memperingati Hari Tenun Nasional.

Kepala Sekolah SMKN 6 Pontianak, Venny Lestari mengaku senang bisa memperkenalkan dan memamerkan hasil karya tenun dari anak-anak didiknya.

Dia ingin Kalimantan Barat dan Indonesia tahu bahwa satu-satunya sekolah kriya terlengkap di Kalbar hanya di SMKN 6 Pontianak.

"Bagaimana bisa berkembang, itu tergantung perhatian dari pihak-pihak terkait," ujar Venny.

Baca Juga: Pj Gubernur Mengajak untuk Terus Promosikan Kain Tenun Kalbar

Venny mendapat kesan yang mendalam dari kegiatan ini dikarenakan betul-betul memberikan pihaknya ruang khusus untuk berkembang memajukan semua yang ada di SMKN 6 Pontianak. Pada kesempatan ini tim SMKN 6 Pontianak membawa hasil karya tenun bertepatan dengan momen Hari Tenun Nasional.

Dirinya bangga karena sebagai pimpinan dari satuan pendidikan, karya dari sekolahnya bisa diketahui oleh Pimpinan daerah.

"Saya ingin saat bertemu pihak berwenang, menunjukkan hasil karya kami, dan suatu saat mungkin ada bantuan-bantuan untuk kami demi peningkatan kompetensi," katanya.

Menurut Venny tujuan anak didiknya mengikuti kegiatan ini adalah memang menjadi bidang kompetensi yang mereka jalani. Dengan ikut kegiatan ini siswanya bisa mengenal kain khas Kalbar, dan harapannya ke depan bisa berkolaborasi.

Venny juga menjelaskan tidak ada persiapan yang terlalu rumit dalam mengikuti kegiatan ini.

"Karena siswa kami sudah setiap hari melakukan aktivitas ini, kami tidak perlu persiapan apa-apa, cuma peralatan tenun saja, karena skill memang sudah mereka miliki," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat