the-aquarama.com

Kadisporapar Kubu Raya Dukung Wastra Kalbar Mendunia -

Pontianak,  - Kadisporapar Kabupaten Kubu Raya, Rini menghadiri Gelar Karya Kreatif DIALOK (Dibuat Anak Lokal) dan Talkshow Potensi Wastra Kalbar dengan tema “Melirik Wastra Kalbar Menjadi Usaha”, yang bertempat di Gedung Dekranasda Kalimantan Barat, Sabtu (7/6/2024).

Berbagai karya tenun dan wastra dihadirkan pada kegiatan ini.

Kadisporapar Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat sangat mendukung wastra Kalimantan Barat menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang berkelas dunia.

"Kita berharap ini bisa memicu para pengerajin di Kubu Raya untuk terus mengembangkan diri serta mempelajari wastra di daerah lain, untuk mampu bersaing dan berkolaborasi menuju wastra Kalbar yang semakin mendunia, "ujarnya.

Baca Juga: SMKN 6 Ikut Memamerkan Hasil Karya Tenun di Gelar Karya Kreatif Dialog


Rini juga memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemprov Kalimantan Barat khususnya Disporapar dan Dekranasda Kalimantan Barat yang mampu mempromosikan kain wastra Kalbar ke tingkat dunia. Terlebih Presiden RI Joko Widodo mengenakan tenun asal Kalbar bersama para pemimpin dunia ketika menghadiri World Water Forum (WWF) beberapa waktu lalu.

Upaya yang dilakukan Disporapar Kubu Raya untuk pembinaan sektor ekonomi kreatif dan fashion diantaranya mengadakan kompetisi untuk desain tenun dan wastra Kabupaten Kubu Raya.

Kemudian mendorong para penenun Kubu Raya agar produknya semakin baik serta memberikan dukungan bantuan untuk alat tenun kepada para penenun di Kubu Raya.

"Inilah salah satu langkah kami agar tenun ini semakin baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya, "tuturnya.

Dia juga menyampaikan untuk HUT Kabupaten Kubu Raya yang ke-17 nanti, pihaknya akan melakukan launching desain motif Kabupaten Kubu Raya dan juga fashion show yang akan melibatkan pengerajin dan penjahit lokal yang ada di Kubu Raya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat