the-aquarama.com

Malam Gala Dinner Rakornas KI Ke-15, Gubernur Kalsel: Pemprov Kalsel Terus Upayakan Keterbukaan Informasi Publik -

Banjarmasin, – Keterbukaan informasi publik secara berkelanjutan, terus diupayakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), guna memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait capaian pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, pada malam Gala Dinner dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi se Indonesia ke-15 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, pada Senin (10/06) malam.

Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas penerapan e-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, dimana melalui sistem tersebut Pemprov Kalsel berusaha meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi publik.

Baca Juga: Luncurkan Si Suban, Rangkaian Pilkada Banjarmasin 2024 Resmi Dimulai

“Kami menyadari bahwa keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel,” beber Paman Birin.

Ia menilai, keberadaan Komisi Informasi baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota sangatlah penting, mengingat lembaga ini memiliki fungsi untuk mengawal keterbukaan informasi.

Selain itu, transparansi juga sudah jadi kewajiban pemeritah baik ditingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota, apalagi di era digitalisasi dimana sesuatu itu sangat susah disembunyikan.

“Komisi Informasi merupakan lembaga yang bermanfaat bagi pemerintahan di berbagai tingkatan, keberadaannya diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transparansi kinerja pemerintah,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Paman juga meminta kepada Ketua DPRD Kalsel untuk meningkatkan anggaran KI Kalsel, mengingat lembaga ini memiliki peran penting dalam mengawal keterbukaan informasi publik di Banua.

“Kalo bisa nanti dinaikan sampai dua kali lipat,” ujar Sahbirin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat